Thursday, November 18, 2010

Kue Rentak Sagu oleh Eva

Dear Ibu2 Host Bangket Week..

Mau cerita dikit nih tentang kue bangket ini.Sebenarnya bikinnya dah 2 minggu lalu cuma baru bisa nulisnya sekarang (kebanyakan malesnya.hehehe..).

Kue bangket ini sebenarnya kalo di kampung saya namanya kue rentak sagu,yang sudah diwariskan turun temurun. Dan kue ini adalah kue favorit saya tiap lebaran. Biasanya orang2 makan kue ini terakhir jika kue2 yg lain dah pada habis. Tapi untuk saya kue inilah yang paling duluan dicari.Karena enak banget (menurut saya sih).
Dulu sering bantuin ibu saya bikin kue ini. Tapi skrg dah lupa resepnya. So, langsung deh telpon ibu saya tuk minta resepnya. Bikin 1 resep versi ibu saya,rasanya pas banget sama seperti yg saya biasa makan dulu, renyah dan lumer banget di mulut.Cuma agak kurang ngembang dikit kalo dibandingkan dg yang ibu saya bikin.
Bikin 1 resep jadinya hampir 4 toples kue dan ternyata anak2 dan suami yang baru pertama kali ngerasain juga suka. Dan jadilah kue bangket 4 toples ludes dalam waktu gak sampe 2 hari..
Kalo dibandingkan dengan resep kueh bangket yang laen kayaknya resep saya agak rada2 ribet mengerjakannya ya..Karena harus masak adonan gula + santan dahulu dan harus di diamkan kurleb 6 jam setelah dikasih baking soda. Tapi resep ini asli gak pake mentega..


Nah, ini resepnya..

Bahan :
1 kg sagu
500 gram gula pasir
2 gelas santan kental
2 butir telur
1 sdt baking powder
1 sdt garam
Cara membuat :
  1. Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan.
  2. Masak gula dengan santan sampai agak mengental, dinginkan.
  3. Kocok telur sampai lepas kemudian tambahkan baking powder dan garam.Aduk sampai rata dan masukkan ke dalam adonan gula dan santan yang sudah dimasak.
  4. Masukkan kira2 250 gram sagu ke dalam adonan gula dansantan tadi kemudian diam kurang lebih 6 jam.
  5. Masukkan sisa sagu sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung.
  6. Cetak sesuai selera dan panggang dengan api sedang.
  7. Setelah matang dinginkan dahulu baru angkat dan masukkan ke dalam toples.

No comments:

Post a Comment