Friday, November 19, 2010

Kue Bebangket oleh Nilam

Dear Host Bangket Week,

Tantangan KBB dan NCC Week " Bangkit Week" kali ini benar benar sangat membangkitkan semangat dan seperti biasa kejadian yang sudah sudah selalu bikin lebih dari 3x ya...suatu hal yang sebetulnya orang orang malas lakukan tapi demi rasa penasaran jadi ya harus dikerjakan dengan senang hati.

 

Uji coba pertama kali kurang memuaskan dan tidak sesuai harapanku waktu itu aku bikin kue bangkit susunya mbak Nadrah. Uji coba yang kedua membuat kue Rentak mbak Arfi - hasil akhir kurang memuaskan juga karena tidak bisa retak tapi soal rasa pas banget tapi untuk orang yang suka manis pasti akan bilang kurang manis. Dan yang terakhir ini aku bikin resep dari postingan mbak Ratih Chandra - NCC sedikit mengobati rasa penasaran dan cukup puas dengan hasilnya, meskipun membuatnya tidak persis plek dengan sumber resep asli karena aku sesuaikan persediaan bahan dan selera aku sendiri.
Ditilik dari resepnya sih kelihatan mudah dan PD sekali pasti berhasil tapi apa daya di tengah pembuatan kok adonan jadi liat dan super liat langsung deh ciut nyali dan tidak yakin ini kukis akan jadi atau tidak dan tetap saja melanjutkan mengaduk adonan tanpa di tambahin lagi dengan sagu takutnya tambah parah hasil akhirnya.
Satu lagi kejadian tak akan kulupakan ketika membuat kue ini yaitu cetakan tembakan untuk spuitku rusak alias patah hiks....hiks... huaaaaaa dan hanya sempat nyengir kuda aja ketika mengetahui alat perangku rusak gara gara aku pake untuk spuit adonan - o iya sifat adonan ini sperti pasta tapi lama kelamaan kena angin jadi keras jadi saran aku lain kali kalau bikin adonan ini sebaiknya dipulung saja seperti membuat nastar. Hasil akhirnya untuk adonan yang aku bentuk bulat hasilnya bisa retak retak tapi yang aku spuit justru tidak sama sekali entah kenapa aku juga tidak tahu sebabnya karena ini baru pertama kali aku membuatnya.

Yuk ah daripada bercerita panjang lebar mendingan simak resep ini dan segera praktekan saja supaya rasa penasaran akan bangkit membangkit kue ini terobati.

Kue Bebangket
Tabloid Saji (edisi 22/th II/14 Juni -27 Juni 2004), modified by Nilam Sari
Untuk 900 gram
Bahan :
4 butir telur ukuran sedang
200 gram gula pasir
80 gram gula palem
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt kayu manis bubuk
250 gr kelapa parut setengah tua, parut kasar dan gongseng hingga kuning lalu tumbuk
50 gr butter
125 gr tepung terigu sangrai
350 gr tepung tapioka / sagu - sangrai
Cara membuat :

1. kocok butter dan gula hingga rata
2. masukan telur satu persatu kocok hingga rata lalu matikan mixer
3. masukan kelapa parut sangrai dan tepung terigu, sodakue dan kayu manis aduk rata kemudian masukan sagu sangrai sedikit demi sedikit aduk hingga rata
4. cetak adonan dengan spuit atau bentuk sesuai selera
5. oven hingga matang

Note :
Catatan pribadiku saja ya kalau adonan terlihat lengket dan seperti pasta jangan menambahkan sagu lagi ya karena aku jamin pasti hasil akhir pasti akan keras dan rasanya akan bertepung banget itu hanya analisaku saja


Berikut adalah step by step yang sempat aku abadikan semoga bisa mengobati rasa penasaran akan kue bebangkit betawi ini.







--
Nilam Sari

Online shop Feli's Kitchen  & Buatan Nilamsari

Hp : 08158800056
Ym id : nilam_sari123
FB : gnsari@gmail.com

No comments:

Post a Comment