Thursday, November 18, 2010

Bangket Jahe oleh Dewi Nik


Masih dalam Event Bangket Week NCC, kali ini aku penasaran pengen nyobain resep dari mba Daniar which is Bangket Jahe yang sudah diUjiCoba oleh mba Arfi, mba Riana and sebagian teman-teman NCC lainnya.
Menurut pengakuan or testimoni mereka... Bangket Jahe ini patut dicoba alias recommended loh.. Apalagi bagi teman-teman yang suka dengan rasa Jahe yang menggigit...

Oiya.. Sebenarnya bahan-bahan penunjang sudah aku beli sejak 10 Nov kemaren, but berhubung terlanjur ada Peristiwa Demonstrasi penduduk di Soroako, tempat aku tinggal sekarang, Jadi eksekusinya baru sempat sekarang deh..


Bikinnya gampang banget loh... Tidak seperti kue Bangket yang kemaren aku praktekkan, diresep ini kita nggak usah repot-repot me-nyangrai tepung Sagu-nya gampang kaaann... ^_*

Anyway dibawah ini resep asli dari mba Daniar, yang aku sedikit modifikasi (mba Daniar say... aku izin CoPas resepnya yaaa....)


BANGKET JAHE
by Rosdaniar - Langkawi
 
Bahan :
  • 500 gr tpung Sagu
  • 300 gr butter/margarine (aku pake Butter Wisjman saja)
  • 100 gr tpung Terigu (aku pakai Segitiga Biru)
  •   50 gr Maizena
  • 200 gr gula Palem (aku tidak pakai samasekali)
  • 200 gr gula Pasir halus (aku tambahkan lagi 200 gr)
  •     2 Kuning Telur
  •     1 Putih Telur
  •   50 gr Susu Bubuk FullCream (aku pake Dancow FullCream)
  •   50 gr Kelapa Parut, sangrai hingga kecoklatan lalu diblender halus (aku tidak pakai sama sekali)
  •   75 gr Jahe, diparut (aku tambahkan 25 gr lagi And memakai Jahe yang kulitnya warna Merah)
  •     3 sdt Bubuk Spekoek
  • Wijen untuk taburan secukupnya (aku tidak pakai sama sekali)

Aku menambahkan
  • 1/4 sdt Garam halus
  • 1/2 sdt Baking Powder


Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang yang sudah diolesi tipis blueband, sisihkan.
  2. Kocok Butter dan gula sampai sedikit mengembang.
  3. Tambahkan Telur satu persatu sambil terus dikocok. Bila sudah tercampur rata, matikan mixer.
  4. Tambahkan Jahe yang sudah diparut lalu aduk hingga rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu
  5. Tambahkan Bubuk Spekoek, aduk sebentar.
  6. Tambahkan Susu Bubuk, tepung Sagu, Terigu dan Maizena sedikit-demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  7. Gilas dan cetak adonan sesuai selera. Untuk adonan yang menunggu digilas dan dicetak, sebaiknya ditutup dengan lap bersih yang agak lembab sedikit supaya adonan tidak menjadi kering.
  8. Bakar dengan suhu oven 170'C derajat sampai matang dan harum.
 
Salam Bangket Jahe yummy....^_*
Dewi Nik 

No comments:

Post a Comment