Wednesday, November 17, 2010

Bangket Jahe Kayu Manis oleh Amy Riv

Setelah pilah-pilih resep dari postingan teman-teman, akhirnya jatuh
cinta sama Kue Jahe Manisnya Majalah Sedap jadul tahun 2001, yang
diposting Puspita beberapa waktu lalu (Thanks to her...). Mempelajari
resep sambil membayang-bayangkan rasanya, akhirnya resep sedikit
dimodifikasi dengan tambahan kayu manis baik batang maupun bubuk serta
pemakaian gula merah sepenuhnya. Tak ada kendala yang berarti dalam
pembuatan kue bangket jahe kayu manis ini. Karena katanya adonan kue
bangket ini sedikit “aleman”, maka aku antisipasi dengan menambahkan
air rebusan gulanya sedikit demi sedikit n aku hentikan saat adonan
sudah bisa dicetak.
Setelah keluar dari oven, hhhhhmmmm… paduan yang pas ternyata antara
jahe, gula merah, n kayu manis. Harumnya jahe n kayu manis menguak
dapurku yang mungil n setelah dicicipi rasa manis n pedasnya pun pas.
Teksture kue bangket jahe kayu manis ini tetap lumer di mulut tapi
tidak rentan rapuhnya.






Bangket Jahe Kayu Manis
Sumber: Resep Kue Jahe Manis Majalah Sedap 2001 – posting by Puspita
Widowati, modified by Amy

Bahan:
• 175 ml santan (aku pakai 75 ml santan instan + 100 ml air)
• 100 gr gula merah (aku pakai 200 gr)
• 50 gr jahe, diparut (aku pakai 100 gr jahe diparut n diperas, ambil
airnya saja)
• 1 batang kayu manis
• 100 gr margarine
• 100 gr gula halus (aku tidak pakai)
• 1 kuning telur
• 500 gr kanji (aku pakai tepung sagu), sangrai 15 menit di atas api kecil
• 1 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat:
1. Siapkan dan timbang bahan. Sangrai tepung sagu, kurleb 15 menit di
atas api kecil.
2. Rebus gula merah, perasan jahe, batang kayu manis dan santan.
Saring dan dinginkan.
3. Kocok margarine dan kuning telur hingga lembut.
4. Masukkan campuran tepung sagu dan bubuk kayu manis sedikit demi
sedikit, aduk rata.
5. Tambahkan rebusan gula sedikit demi sedikit. Aduk rata (air rebusan
gula tidak aku tuang semua karena melihat konsistensi adonan, tersisa
60 ml)
6. Tipiskan adonan lalu cetak sesuai selera (aku tidak pakai cetakan
kue satu/cetakan coklat, tapi pakai cookie cutter biasa, mengingat
sifat adonannya)
7. Panggang hingga matang (aku pakai suhu 150 der Celcius selama 20 menit).
8. Biarkan agak dingin terlebih dahulu, lalu pindahkan ke toples.

Hasil jadi kurleb 700 gr.



--
Amy
http://bakingnfood.wordpress.com

No comments:

Post a Comment